Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan

Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan
Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan
Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan
Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan
Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan
Wakil Bupati Klaten Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan

Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya Menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Rumah Sakit Dan Penyerahan SK Pencabutan PKU Muhammadiyah Prambanan Sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pendopo Pemkab Klaten pada Selasa siang (26/24/2022).

Pada kesempatan kali ini, dr. Cahyono Widodo selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab. Klaten menyampaikan bawhwa rumah sakit harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien, pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang memiliki karakter, aman, tepat waktu, efisien, efektif, berorientasi pada pasien yang terintegrasi oleh karena itu setiap rumah sakit harus memiliki akreditasi yang disetujui  oleh pemerintah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan rumah sakit dalam meningkatkan akreditasi, mendukung dan mendorong akreditasi baik rumah sakit milik  pemerintah maupun rumah sakit swasta, meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkelanjutan meliputi keselamatan pasien serta meningatkan perlindungan  bagi masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit dan juga melindungi rumah sakit secara institusi.

Selanjutnya dr. Cahyono juga menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Kab. Klaten juga berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu dan keselamatan pasien di Kab. Klaten dengan cara terus melaksanakan langkah monitoring dan evaluasi kesiapsiagaan rumah sakit tipe C dan tipe D di masa pandemi dan terus mengawal rumah sakit baik milik swasta maupun milik pemerintah daerah.

Pada kesempatan yang sama, dr. Sigit Armunanto, M.Kes mewakili  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Klaten dalam upaya menjaga mutu pelayanan rumah sakit melalui implementasi akreditasi rumah sakit. Di era revolusi industri  4.0 ini, rumah sakit harus mampu meningkatkan akreditasi dan harus menjadi bagian dalam perkembangan ekonomi pelayanan kesehatan di rumah sakit, transformasi digital dalam konteks akreditasi rumah sakit menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk mewujudkan Smart Hospital, perpaduan seimbang antara data di rumah sakit dengan kebijakan yang berorientasi pada pelayanan diyakini akan mampu memenuhi hak-hak pasien yang pada akhirnya mampu memberi kepuasan pelanggan dan meningkatkan mutu pelayanan. 

Selanjutnya dr. Sigit dalam sambutannya juga menghimbau kepada seluruh rumah sakit di Jawa Tengah agar selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mengedepankan keselamatan pasien sebagai bagian dari implementasi kewajiban rumah sakit sesuai undang-undang yang berlaku. 

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan yang telah menyelenggarakan sosialisasi ini menjadi langkah awal wujud kesungguhan tekad pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat. Kemudian, Yoga Hardaya juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dari seluruh tenaga kesehatan dalam penanganan dan pengendalian pandemi covid-19 baik dalam pelayanan kesehatan maupun kegiatan percepatan vaksinasi. Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang dipengaruhi perkembangan ilmu kesehatan, kemajuan teknologi dan kehidupan sosial masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan pasien.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0